Sabtu, 23 Maret 2019

BAGAIMANA CARA KERJA SISTEM OPERASI WINDOWS

Posted: January 22, 2013 in Uncategorized
0
Secara prinsip,komputer hanyalah sebuah alat:alat yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya.Untuk dapat digunakan,komputer tersebut harus memiliki elemen-elemen,yaitu:BRAINWARE,SOFTWARE DAN HARDWARE.Berikut penjelasannya:
  • BRAINWARE(user)
          User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer.Tanpa ada user, komputer yang sudah siap digunakan tidak ada fungsinya.User dapat disebut juga dengan pengguna,misalnya:system analisis,programer,operator dll.
  • SOFTWARE
            Software merupakan salah satu komponen utama komputer.Software atau perangkat lunak adalah program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dapat dimengerti oleh komputer.Software terdiri dari beberapa jenis,yaitu:
  • Sistem operasi(windows)
            Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.Tanpa ada sistem operasi maka komputer tidak dapat di fungsikan sama sekali.
  • Program utility
            Berfungsi untuk membantu atau mengisi kelemahan/kekurangan dari sistem operasi.Misalnya:norton utility dan scandisk
  • Program aplikasi
            Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu.Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai dengan permintaan,contoh program aplikasi adalah:microsoft office.
  • Hardware
            Hardware merupakan bagian dari komponen komputer.Hardware atau perangkat keras adalah peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan oleh panca indra.Hardware terdiri dari input device(perangkat masukan)dan output device(perangkat keluaran).Yang termasuk hardware adalah:
  1. CPU(central processing unit)~adalah bagian dari komputer yang paling penting,karena jenis processor menentukan pula jenis komputer.
  2. Harddisk~merupakan salah satu media penyimpanan data yang bersifat permanen
  3. Memori~terbagi menjadi dua,yaitu random access memory(RAM)dan read only memory(ROM)
      ~RAM,berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu jika komputer kita matikan maka data yang tersimpan di ram akan hilang.
       ~ROM,adalah memori yang hanya bisa dibaca saja,tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer
Demikian penjelasan tentang cara kerja sistem operasi windows…………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bangsat

 goblok